Tradisi Pembacaan Khotib Adat Dan Halal Bi Halal Desa Koto Mesjid


Mantan Sekdakab Kampar menyapa seorang bocah mungil ketika usai menyerahkan santunan dan bantuan pendidikan kepada anak yatim dan anak yatim piatu, dalam acara pembacaan khotib adat dan halal bi halal masyarakat Dusun III dan IV, Kampung Baru, Desa Koto Mesjid, Kecamatan XIII Koto Kampar, Senin (05/09/2011) kemarin.

Kepala Desa Koto mesjid Chaidir mengungkapkan bahwa kegiatan ini memang merupakan diantara kegiatan tahunan yang ditaja oleh masyarakat di desanya.

” Acara ini merupakan momentum untuk saling bertemu dan berjabat tangan antarwarga masyarakat untuk saling memaafkan,” terang Chaidir, usai acara pembacaan khotib adat dan halal bi halal yang di taja oleh masyarakat Dusun III dan IV, Kampung Baru, Desa Koto Mesjid, Kecamatan XIII Koto Kampar.

Sementara itu Tokoh Masyarakat Khaidir Datuk Rajo Penghulu mengatakan bahwa pembacaan khatib adat dan pemberian gelar kepada pembacanya, merupakan puncak dari pelaksanaan kegiatan halal bi halal.

” Ini sudah menjadi tradisi yang berlangsung sejak turun temurun dari tahun ke tahun sampai sekarang. Tradisi ini tentunya harus terus kita jaga secara bersama-sama,” pesan Datuk Rajo Penghulu.***

Sumber : http://www.riauonline.com/berita/print/tradisi-pembacaan-khotib-adat-dan-halal-bi-halal-desa-koto-mesjid.html

About jumailischaniago

Visi tanpa eksekusi adalah lamunan. Eksekusi tanpa visi adalah mimpi buruk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: